Rabu, 13 Januari 2016

PELATIHAN MANAJEMEN PENGENDALIAN BIAYA RUMAH SAKIT

Hal yang menarik dalam industri rumah sakit di Indonesia, bahwa secara teknis pelayanan kesehatan merupakan produk jasa yang harus diberikan sesuai dengan standar teknologi kedokteran, yang dianut oleh hampir seluruh rumah sakit. Jika dilihat objek pelayanan ini adalah kepentingan dasar kehidupan manusia, maka tampak dengan jelas bahwa bisnis rumah sakit adalah bisnis yang bersifat sosial. Namun jika melihat terjadinya transaksi yang beragam dan kompleks disuatu rumah sakit, maka tidak dapat dihindari bahwa bisnis rumah sakit setara dengan bisnis bisnis lainnya. Jika dilihat esensinya bisnis rumah sakit merupakan bisnis kepercayaan (Trusty business), dan didalamnya terdiri dari tiga hal penting yaitu product, service dan mindset (value, attitude). Pada proses pelayanan, yang sangat menonjol adalah mindset/attitude, sebab sebaik apapun seorang dokter memberikan pelayanan, namun
jika attitude kurang mendukung maka sulit bagi sebuah rumah sakit untuk menegakkan Hospital Branding.
Pemborosan di rumah sakit terkadang tidak disadari, bahkan pemborosan sudah sedemikian melekat dan menjadi hal yang terkesan tidak diindahkan oleh seluruh karyawan rumah sakit. Upaya yang cukup signifikan adalah dengan menerapkan Cost containment yang memiliki arti penekanan atau pengendalian pembiayaan terhadap berbagai sisi bisnis rumah sakit dari mulai kepegawaian,infrastruktur, peralatan, obat-obatan, bahan habis pakai dan seluruh aspek bisnis lainnya di rumah sakit. Berbagai negara di Eropa, melakukan pengendalian pembiayaan dengan mengubah sistem pembiayaan, men-setting ulang pembiayaan dan controling pembiayaan. 
TUJUAN
  • Prinsip-prinsip dari cost containmentdan mengapa suatu organisasi atau perusahaan termasuk suatu   organisasi rumah sakit memerlukan suatu strategi pengendalian atau penekanan biaya di rumah sakit. 
  • Pengertian kegunaan cost containment bagi rumah sakit.
  • Pemahaman tentang perlunya strategi pengendalian biaya pada era asuransi dan antisipasi terhadap perubahan pola keuangan rumah sakit menjadi Badan Layanan Umum (BLU), BUMN, BUMD, Perum dan PT.
  • Pentingnya budaya sadar biaya di rumah sakit dengan memahami seluk beluk biaya. 
WAKTU PELAKSANAAN 
  • 26 - 27 JANUARI 2016
  • 12 - 13 APRIL 2016
  • 26 - 27 JULI 2016
  • 06 - 07 DESEMBER 2016
INVESTASI 
Rp 4.500.000,-
Sudah Termasuk Akomodasi 
Informasi Pendaftaran :
LPP Wana Wiyata Yogyakarta
Jl. Anggrek No. 09 Sambilegi Baru, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta 55282
Telp.     : (0274) 488476, 485316
Fax.      : (0274) 488476
HP        : 082134193937,
081328536669
Website : www.wanawiyata.com
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar